Wakili Camat, Sekcam Hadiri Peringati Hari Besar Islam ke-1441 H di Bukit Subur-Tabir...
Sekcam Hadiri Peringati Hari Besar Islam ke-1441 H di Bukit Subur-Tabir Timur

Wakili Camat, Sekcam Hadiri Peringati Hari Besar Islam ke-1441 H di Bukit Subur-Tabir Timur

BUKIT SUBUR - Wakili Camat Tabir Timur Andi Irvan Rianza, Sekretaris Kecamatan Tabir Timur Sudadi, menghadiri perangatan hari besar Islam ke 1441 Hijriah di Desa Bukit Subur, Kecamatan Tabir Timur, Kabupaten Merangin Senin malam (9/9).

Berbagai acara seni dan budaya adat jawa yang turun temurun ditampilkan dalam peringati tahun baru Islam ini, diantaranya yaitu pergelaran acara Kuda Lumping dan Kuda Kepang yang digelar selama dua hari pada tanggal 7 dan 8 September 2019.

Bahkan menariknya, pada malam ke-10 atau disebut malam suro ini juga dilakukan tradisi potong tumpeng dan doa syukuran yang biasa dilakukan adat istiadat Jawa di Desa Bukit setiap tahunnya.

Acara dengan "Dalam keberagamana adat dan budaya mari bersatu membangun desa menuju masyarakat aman damai dan sejahtera", juga dihadiri Kapospol Sub Sektor Tabir Timur beserta anggota, Babinsa Tabir Timur, Kepala Desa Bukit Subur Agung Sutoto, Ketua BPD, Lembaga Adat Desa, dan ratusan tokoh agama, tokoh masyarakat Desa Bukit Subur.

Dalam pidatonya Kepala Desa Bukit Subur Agung Sutoto, mengucapkan terimakasih kepada sebesar-sesarnya kepada masyarakat desa setempat yang ikut memaknai bulan kasih sayang dan menyukseskan rangkaian acara perigantan hari besar islam ke 11441 Hijriah ini.

Selain itu Agung Sutoto juga mengatakan, dihari penuh berkah dan kasih sayang ini semoga diberi kesempatan kepada kita semua untuk bertaubat, dan umat Nabi Muhammad mendapat safaatnya.

Sementara itu Sekcam Tabir Timur Sudadi dalam kata sambutannya, mengucapkan permohonan maaf atas ketidakhadiran Camat Tabir Timur Andi Irvan Rianza, S.STP, dikarenakan ada kesibukan, sehingga tidak bisa hadir ditengah-tengah masyarakat yang ia cintai.

Selanjutnya Sudadi juga mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat yg telah bersatu padu dalam memperingati perayaan 10 muharam sebagai hari besar agama Islam. Karna banyak peristiwa Nabi Muhammad SAW dan Rosul dalam tahun baru Islam ini.

Selain itu Sudadi menyampaikan pesan bupati Merangin H Al Haris, agar kita peduli terhadap anak yatim dan beliau akan menyantuni lebih kurang 1000 orang anak yatim pada tanggal 12 Semptember 2019 mendatang di Lapangan Eks Koni Merangin.

Dalam kesempatan ini Kapospol Sub Sektor Tabir Timur Ipda Syahdunar dalam pidatonya, semoga bulan berkah ini kita diberi rezeki yang melimpah khususnya untuk warga Bukit Subur.

Bukan hanya itu saja, Ipda Syahdunar juga meminta masyarakat untuk banyak bersedekah dan mengekuarkan zakat baik ke tetangga maupun kepada masyarakat yang tidak mampu. Dan pada musim panas ini jangan lupa masyarakat untuk menjaga bersama agar tidak terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) baik di Bukit Subur dan desa lainnya di Kecamatan Tabir Timur.(*)

Penulis: Kecamatan Tabir Timur

Share Berita

Komentar Berita